Santo Oktavianus

Santo Oktavianus adalah seorang Archdeacon (Diakon Agung) di Karthago, Afrika Utara yang hidup pada abad kelima. Ia menjadi martir bersama lebih dari 4900 umat Kristen di Afrika Utara pada masa penganiayaan oleh bangsa Vandal. Raja Vandal Huneric, yang adalah seorang Arian, membuang umat Kristiani ini ke padang gurun Libya agar mati kelaparan dan kehausan. Di sana juga mereka diperlakukan dengan begitu keji oleh bangsa Moor yang kafir.

Seorang uskup yang kudus bernama Victor menuliskan kisah keberanian dan penderitaan yang dialami oleh para martir Kristus ini. Beliau menceritakan bahwa ketika mereka diperintahkan untuk pergi ke tempat pembuangan di padang gurun yang ganas, mereka keluar dari penjara dengan menyanyikan madah pujian. Umat Kristiani lainnya mencucurkan air mata melihat kegagahan mereka. Bahkan para perempuan dan anak-anak juga ikut pergi bersama mereka dan tewas di sana sebagai saksi Kristus.

Arti Nama

Berasal dari kata latin “Octavus” yang berarti “Kedelapan”

Data

Perayaan : 22 Maret

Lahir : Hidup pada abad ke-5 (tanggal dan tahun lahir tidak diketahui)

Kota asal : Kartago – Afraka Utara (sekarang Tunisia)

Wafat : Tahun 484 | Martir. Di buang dan dibiarkan mati kelaparan bersama ribuan martir Kristen lainnya

Kanonisasi : Pre-Congregation

Referensi : CatholicSaints.Info

Baca juga : Santo Serapion

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari JagoKomsos.Org.

Mari bergabung di Grup dan Chanel Telegram “JAGO KOMSOS“, caranya klik link https://t.me/jagokomsos kemudian join. Anda harus menginstall aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Advertisements
Loading...
Advertisements
Loading...