Sabda-Ku Takkan Berlalu

Langit dan bumi akan berlalu, tetapi sabda-Ku takkan berlalu.

Renungan Harian Katolik, Jumat 26 November 2021, Pekan Biasa XXXIV, Warna Liturgi Hijau.

Bacaan Pertama : Daniel 7:2-14

Mazmur Tanggapan : Daniel 3:75-81

Bacaan Injil : Lukas 21:29-33

Pada waktu itu Yesus mengemukakan perumpamaan ini kepada murid-murid-Nya,

“Perhatikanlah pohon ara atau pohon apa saja. Apabila kalian melihat pohon-pohon itu sudah bertunas, kalian tahu dengan sendirinya, bahwa musim panas sudah dekat. Demikian pula, jika kalian melihat hal-hal itu terjadi, ketahuilah, bahwa Kerajaan Allah sudah dekat. Aku berkata kepadamu: Sungguh, angkatan ini takkan berlalu, sebelum semuanya terjadi. Langit dan bumi akan berlalu, tetapi sabda-Ku takkan berlalu.”

Demikianlah Injil Tuhan.

RENUNGAN

Salah satu keutamaan masyarakat di masa lalu ialah kemampuan untuk membaca tanda-tanda alam. Setiap peristiwa alam yang terjadi dikaitkan dengan tatanan hidup manusia. Kemudian dibutuhkan pengudusan diri dengan ritus tertentu yang berdampak dalam etika kehidupan untuk menata perihidup sehari-hari. Tujuannya agar hidup ke masa depan menjadi lebih baik, aman dan tenteram.

Yesus datang ke dunia untuk mewartakan Kabar Gembira Kerajaan Allah. Kabar Gembira yang diwartakan-Nya hadir menyatu dalam hidup manusia karena Ia sendiri adalah Kabar Gembira itu. Kabar Gembira dari Kerajaan Allah adalah sebuah tatanan kehidupan baru yang berlandaskan kasih, kedamaian, dan dunia yang dilingkupi semangat keadilan.

Hidup yang dilandaskan kasih ini akan disempurnakan secara nyata dalam kehidupan baru yang dilukiskan oleh penulis Kitab Wahyu dengan Yerusalem baru yang turun dari surga (bdk.Why.21:2).

Setiap orang diundang untuk menerima warta Kerajaan Allah dan mewujudnyatakannya dalam hidup sehari-hari. Perwujudannya dimulai dalam semangat pembaruan diri dan penataan kehidupan agar menjadi lebih baik. Dengan demikian. Langit dan bumi yang baru sungguh nyata dalam hidup setiap orang.

DOA

Allah Bapa kami yang mahaagung, datanglah kiranya kerajaan-Mu di dunia dan tumbuhkanlah harapan pada setiap orang, yang menderita kesulitan dan kesengsaraan, melalui Yesus, Sabda-Mu pembawa harapan. Sebab Dialah Tuhan, Pengantara kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa. Amin.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari JagoKomsos.Org

Mari bergabung di Grup dan Chanel Telegram “JAGO KOMSOS“, caranya klik link https://t.me/jagokomsos kemudian join.

Anda harus menginstall aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Advertisements
Loading...
Advertisements
Loading...