Rekoleksi Orang Tua Dan Emban Babtis Bulan Februari 2021

JagoKomsos–Rekoleksi orang tua dan emban babtis bayi Paroki Santo Yusup Ambarawa berlangsung pada hari Minggu, 14 Februari 2021. Mengambil tempat di aula Paroki Santo Yusup Ambarawa, kegiatan rekoleksi ini berlangsung sejak pukul 10.00 hingga 12.00 WIBB. Rekoleksi kali ini diikuti oleh sepuluh calon babtisan bayi dari beberapa lingkungan Paroki Santo Yusup Ambarawa.

Rekoleksi dibuka dengan sambutan dari Ketua Bidang Pelayanan Pewartaan dan Evangelisasi,  Bapak Hieronimus Rackhmad KA

“Terima kasih atas kedatangan Bapak-Ibu dan emban babtis sekalian, atas kesediaan dan niatnya mempersembahkan anak-anaknya untuk dibabtis. Pembabtisan bayi ini menjadi kelanjutan dari janji perkawinan, yaitu untuk mendidik anak-anaknya secara Katolik.”

Pelaksanaan babtisan bayi itu sendiri nantinya akan diselenggarakan pada hari Minggu, 21 Februari 2021, di gereja Katolik Santo Yususp Ambarawa, pukul 10.00 WIBB, oleh Romo Agustinus Sigit Widisana, SJ.

Dalam sambutan singkatnya, Ketua Bidang Pelayanan Pewartaan dan Evangelisasi juga menegaskan, “Ada tiga alasan yang membuat Gereja Katolik membabtis para bayi, yaitu karena perintah dari Kristus sendiri, untuk keselamatan serta sebagai bentuk tanggung jawab orang tua untuk membawa anak-anaknya ke dalam sorga.”

Lebih lanjut disampaikan, “Melalui pembabtisan, seseorang disatukan dengan kematian Kristus untuk dibangkitkan bersama dengan Kristus, sehingga ia dapat mati terhadap dosa dan hidup baru bagi Allah di dalam Kristus. (Rom 6 : 3-4, 11)”

 “Para orang tua wajib mengusahakan agar bayi-bayi dibabtis dalam minggu-minggu pertama, segera sesudah kelahiran anaknya, bahkan juga sebelum itu, hendaknya menghadap Pastor Paroki untuk memintakan sakramen bagi anaknya serta dipersiapkan dengan semestinya untuk itu.” (KHK  kan. 867 S1).

Berikutnya, Bapak V. Heru Sunaryanto, sebagai katekis sekaligus pemberi materi utama, memaparkan inti dari acara rekoleksi ini yang secara garis besar meliputi :

  • Makna dan pengertian babtis
  • Babtis sebagai tradisi bangsa Yahudi
  • Pembabtisan Yahudi dan Yohanes
  • Pembabtisan Yesus dan perintah untuk membabtis
  • Babtisan sebagai simbol iman pada Kristus
  • Babtisan bayi
  • Dilema pembabtisan bayi dan kebebasan manusia
  • Babtis sebagai bagian dari inisiasi
  • Materia dan forma baptisan
  • Kewajiban-kewajiban penerima sakramen babtis

Acara kali ini menjadi lebih spesial mengingat bertepatan dengan Hari Valentin. Secara tidak langsung, membabtiskan anak-anaknya adalah bentuk lain dari wujud kasih sayang orang tua kepada anaknya.

Baca juga Babtis Anak Bulan September

Advertisements
Loading...
Advertisements
Loading...