Bertobatlah

Bertobatlah sebab Kerajaan Surga sudah dekat.

Renungan Harian Katolik, Senin 3 Januari 2022, Hari Biasa Sesudah Epifani (Putih).

Santo Anterus, Santo Fulgensius.

Bacaan I : 1Yoh. 3:22.4:6

Mazmur : 2:7-8.10-11

Bacaan Injil : Matius 4:12-17.23-25

Ketika mendengar, bahwa Yohanes telah ditangkap, menyingkirlah Yesus ke Galilea. Ia meninggalkan Nazaret dan diam di Kapernaum, di tepi danau, di daerah Zebulon dan Naftali, supaya genaplah firman yang disampaikan oleh nabi Yesaya: “Tanah Zebulon dan tanah Naftali, jalan ke laut, daerah seberang sungai Yordan, Galilea, wilayah bangsa-bangsa lain, — bangsa yang diam dalam kegelapan, telah melihat Terang yang besar dan bagi mereka yang diam di negeri yang dinaungi maut, telah terbit Terang.”

Sejak waktu itulah Yesus memberitakan: “Bertobatlah, sebab Kerajaan Sorga sudah dekat!”

Yesuspun berkeliling di seluruh Galilea; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Allah serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan di antara bangsa itu.

Maka tersiarlah berita tentang Dia di seluruh Siria dan dibawalah kepada-Nya semua orang yang buruk keadaannya, yang menderita pelbagai penyakit dan sengsara, yang kerasukan, yang sakit ayan dan yang lumpuh, lalu Yesus menyembuhkan mereka.

Maka orang banyak berbondong-bondong mengikuti Dia. Mereka datang dari Galilea dan dari Dekapolis, dari Yerusalem dan dari Yudea dan dari seberang Yordan.

RENUNGAN

Tanda dasar bahwa Roh Allah ada pada kita adalah pengakuan akan Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juru Selamat. Roh Allah membantu kita untuk percaya kepada Yesus Kristus, yang sungguh Allah dan sungguh manusia; mengabulkan semua doa dan permohonan kita, serta bersatu dengan Allah.

Kita tinggal dalam Allah, dan Allah dalam kita. Percaya kepada Allah berarti mematuhi perintah-Nya dan berpaling dari semua kekuatan lain, terutama nabi palsu dan roh antikristus, yang menipu kita dan dianggap bisa menyelamatkan.

Itulah pertobatan yang menjadi warta pokok Yesus dalam Injil hari ini (Mat. 4:12-17.23-25): “Bertobatlah sebab Kerajaan Surga sudah dekat!”

Bertobat berarti berhenti, mengubah, dan berbalik dari cara berpikir, cara merasa, dan cara menginginkan yang salah, buruk, dan jelek. Hal itu berkaitan dengan kuasa, seksualitas, harta, popularitas, dan jejak sejarah. Kelima hal ini sering merusak hubungan dengan diri sendiri, sesama, alam, sejarah, dan Tuhan.

DOA

Ya Allah Roh Kudus, datanglah serta curahilah badan, jiwa, dan roh kami agar kami kuat melawan dosa, nabi palsu, dan roh antikristus. Amin.

Baca juga : Penampakan Tuhan

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari JagoKomsos.Org

Mari bergabung di Grup dan Chanel Telegram “JAGO KOMSOS“, caranya klik link https://t.me/jagokomsos kemudian join. Anda harus menginstall aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Advertisements
Loading...
Advertisements
Loading...