Beato Nicolò Giustiniani

Beato Nicolò Giustiniani lahir dalam keluarga bangsawan di kota Venesia pada pertengahan abad ke-12. Di tahun 1153, Nicolo meninggalkan kehidupan duniawi dan masuk biara Benediktin di biara San Nicolo del Libo, Venesia.

Beato Nicolò Giustiniani menjadi seorang biarawan Benediktin selama sembilan belas tahun ketika semua saudaranya tewas dalam sebuah pertempuran di dekat Konstantinopel. Kematian semua saudaranya membuat marga Giustiniani dari Venesia terancam punah karena tidak lagi memiliki penerus. Masyarakat Venesia lalu mengirimkan sebuah petisi kepada Paus Alexander III. Mereka meminta agar biarawan Nicolo Giustiniani dibebaskan dari kaul monastik nya dan dikirim pulang untuk menikah, demi meneruskan garis keturunan marga Giustiniani.
Bapa suci mengabulkan petisi ini.

Nicolo lalu kembali menjalani hidup sebagai seorang awam dan menikah dengan Anna Michieli. Pernikahan mereka diberkati dengan kelahiran sembilan orang anak, enam orang putra dan tiga orang putri.

Setelah anak-anak mereka dewasa, Nicolo dan Anna sepakat untuk berpisah. Beato Nicolò Giustiniani kembali ke biaranya di San Niccolo del Libo. Beberapa tahun kemudian, Anna juga meninggalkan kehidupan duniawi dan menjadi seorang biarawati pada biara yang didirikan oleh Nicolo sebelumnya.

Baca juga : Santo Edmund

Arti Nama
Nicolo adalah bentuk Italia dari nama Yunani Νικολαος (Nikolaos) yang berarti : “Para pemenang”.
Terdiri Dari kata : νικη (nike) : “kemenangan” dan kata : λαος (laos) = “Orang, Masyarakat, Rakyat”

Data
Perayaan : 21 November
Lahir : Hidup pada abad ke-12 (tanggal dan tahun lahir tidak diketahui)
Kota asal : Venesia – Italia
Wafat : Sekitar tahun 1180 di Biara San Nicolo del Libo, Venesia – Oleh sebab alamiah
Beatifikasi : Tidak mendapat Beatifikasi secara resmi
Kanonisasi :
Referensi : Saint.SQPN – Hagiomajor.blogspot.com

Advertisements
Loading...
Advertisements
Loading...