Babtis Dewasa Bulan April 2022

JagoKomSos.Org – Minggu, 3 April 2022, Tim Pelayanan Inisiasi, Bidang Pewartaan dan Evangelisasi, Paroki Santo Yusup Ambarawa mengadakan kegiatan Babtis Dewasa untuk 5 orang babtisa dan penerimaan 1 umat dari Gereja Kristen.

Bertempat di Gereja Katolik Paroki Santo Yusup Ambarawa, kegiatan Babtis Dewasa ini dimulai tepat pukul 11.00 WIB dan dipimpin oleh Romo Agustinus Sigit Widisana, SJ.

Babtis Dewasa ini diadakan guna membantu umat yang akan menjadi anggota Gereja Katolik. Acara dikemas dalam bentuk Misa Khusus untuk babtis dan dilakukan diluar Misa Reguler. Hal ini dikarenakan masa pandemi dan perhatian khusus kepada anggota baru dalam gereja.

Adapun kelima Babtisan tersebut :

  1. Bernadetta Nofika Yustisia (Linkungan Norbertus/Wilayah Yeriko)
  2. Marcella Oh Tjien Nio (Lingkungan Elisabeth/Wilayah Emaus)
  3. Matheus Darwindra Himawanto (Lingkungan Anselmus/Wilayah Magdala)
  4. Alexius Bagas Arif Pratama (Lingkungan Katarina/Wilayah Yudea)
  5. Rafael Milito Kawasaki (Lingkungan Cornelius/Wilayah Khorazim)
  6. Odilia Imas Ayu Ardiani (Lingkungan Cornelius/Wilayah Khorazim)

Dalam homilinya, Romo Sigit menegaskan makna Sakramen Babtis.

“Saudara-saudara yang dibabtis juga harus berbahagia. Hari ini adalah hari istimewa dan harus diingat terus. Dengan menerima Sakramen Babtis, Tuhan menghapus segala dosa kalian.”

Sedangkan dari Bacaan Injil, Romo mengulas perihal dosa dan pertobatan. Yesus sekalipun tidak menghukum perempuan yang ketahuan berzina, maka kitapun tidak boleh menghakimi sesama kalau tidak benar-benar tahu masalahnya. Kita sebagai orang yang berdosa hendaknya tidak mengulang kembali dosa dan kesalahan yang sama.

“Dalam hukum taurat, orang yang kedapatan tidur dengan laki-laki lain dianggap telah berbuat zina. Oleh karenanya harus hukum dengan dilempari batu sampai mati. Namun demikian, hal itu ditentang oleh Yesus dengan mengatakan, siapa yang tidak pernah berbuat dosa boleh melempar pertama kali. Tak seorang pun berani melakukannya karena mereka mungkin sadar punya dosa. Demikian pula kita. Kita tidak boleh menghakimi sesama karena Yesus pun tidak menghukum perempuan yang berzina itu.”

Baca juga : Babtis Dewasa 2021

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari JagoKomsos.Org.

Mari bergabung di Grup dan Chanel Telegram “JAGO KOMSOS”, caranya klik link https://t.me/jagokomsos kemudian join. Anda harus menginstall aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Advertisements
Loading...
Advertisements
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published.